Kebudayaan Modern di Indonesia

Kebudayaan              simmell

 

 

 

Nedelman mengungkapkan bahwa karya-karya Simmel memiliki tiga model pendekatan berbeda dalam menganalisis kebudayaan modern.

Salah Satunya adalah :

Antagonisme Kebudayaan

Analisis model antagonisme budaya. Dalam pendekatan ini disebut antagonism budaya karena terdapat perlawanan antara bentuk dan hidup dalam memaknai kebudayaan. Simmel memaknai hidup  sebagai potensi kreatif yang dimiliki individu dalam menciptakan kebudayaan. Misalnya individu memiliki kreativitas untuk menciptakan  lukisan, artefak, teknologi dan penemuan maupun hasil karya lainnya sebagai budaya yang mengandung nilai seni yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Budaya yang diciptakan manusia tersebut  juga dapat berbentuk norma dan hukum yang berlaku dan dipatuhi.

Sedangkan bentuk dimaknai oleh Simmel sebagai bentuk-bentuk kebudayaan dalam suatu sistem sosial.  Kemudian sistem sosial kebudayaan tersebut  dapat mempengaruhi perubahan kebudayaan dan memberi makna bagi kehidupan masyarakat. Misalnya bentuk kebudayaan berupa sistem normatif yang berasal dari adat istiadat suatu masyarakat  kemudian menghasilkan perubahan kebudayaan.  Misalnya dalam suatu masyarakat ada adat pernikahan  dengan cara dipingit.  Maka nilai-nilai normatif yang terdapat disana bahwa pihak laki-laki dan perempuan yang ingin menikah tidak boleh bertemu hingga proses ijab Kabul dilaksanakan. Oleh karena itu budaya masyarakat berubah, dari kedua pasangan yang selalu bertemu setiap hari menjadi patuh pada budaya yang berlaku.  Namun walaupun makna kebudayaan dari bentuk dan hidup saling berlawanan, keduanya saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan seperti mata uang yang memiliki sisi berbeda dan saling melengkapi.

 

Modern bukan berarti mengikuti Gaya Kebarat-baratan tetapi lebih kepada mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia. Kemaslah budaya daerah, tradisi dan sejenisnya semenarik mungkin agar kita menjadi lebih bangga lagi terhadap tanah air Indonesia .

artikel menarik lainnya search www.maukeren.com

 

 

Protected

2014-08-31 06:14:35
You might also likeclose